Penyakit Menular

Penyakit menular adalah penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain. Penularan dari penyakit ini biasanya terjadi bila terjadi kontak antara orang yang sakit dengan orang lain. Bisa juga terjadi secara langsung maupun melalui perantara. Biasanya sifat dari penyakit menular adalah akut, berdurasi pendek, dan biasanya disebabkan oleh patogen. 

Berikut ini adalah macam - macam penyakit menular: 

# DEMAM BERDARAH 

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang bisa berakibat fatal dalam waktu yang sangat relatif singkat. Demam berdarah tidak menular melalui kontak manusia secara langsung tetapi dapat ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti betina yang menyimpan virus pada telurnya dan selanjutnya akan menularkan virus tersebut kepada manusia melalui gigitan. Nyamuk jenis ini biasanya menggigit pada siang hari (09.00 - 10.00) atau sore hari (16.00 - 17.00) 

Gejala dari penyakit demam berdarah ini diantaranya adalah: demam secara tiba - tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit. Pencegahan dari penyakit demam berdarah ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat, membersihkan saluran air, menutup tempat penyimpanan air, membersihkan dan mengurasbak mandi, serta mengubur barang - barang bekas yang sudah tidak dipakai 


# DIARE 

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Orang yang terkena diare akan mengalami sering buang air besar dengan tekstur faces yang encer. Diare berat bila tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan dehidrasi serta bisa juga menyebabkan kematian. 

Penyakit diare bisa disebabkan oleh gejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin C. Penyakit diare dapat diobati dengan cara mengkonsumsi cairan yang banyak terutama oralit sehingga bisa mengganti jumlah cairan yang keluar melalui buang air besar. 


# INFLUENZA 

Biasa juga disebut flu. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang cepat sekali menular. Gejala dari penyakit influenza ini adalah: menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi. 

Cara mengobati penyakit influenza adalah dengan cara mengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup. 

# CIKUNGUNYA 

Penyakit Chikungunya sebenarnya pada mulanya merupakan penyakit yang menjangkiti hewan yang hidupnya di tengah hutan yang kemudian seiring berjalannya waktu penyakit chikungunya menyebar ke pemukiman penduduk. Virus penyakit chikungunya pertama kali menyerang di wilayah Indonesia pada tahun 1973. Penyakit ini adalah sejenis penyakit demam virus yang disebabkan oleh ALPHAVIRUS yang disebarkan melalui gigitan nyamuk dari spesies Aedes Aegypti. Nama Chikungunya sendiri diambil dari sebuah bahasa Swahili yang berarti "yang melengkung keatas" karena pada dasarnya seseorang yang menderita penyakit chikungunya tubuhnya menjadi emmbungkuk sebagai akibat dari gejala - gejala arthritis. 


GEJALA PENYAKIT CHIKUNGUNYA: 

Tubuh menjadi demam dengan tiba - tiba 
Merasakan linu yang luar biasa pada persendian 
Timbul rasa sakit pada tulang - tulang 
Merasakan pegal - pegal pada seluruh bagian tubuh 
Merasakan nyeri kepala yang hebat 
Terkadang penderita juga merasakan nyeri yang hebat pada hampir seluruh bagian tubuh 
Timbul bercak - bercak kemerahan pada kulit punggung dan bagian luar anggota gerak 

PENCEGAHAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA 

Rasa nyeri luar biasa yang dirasakan oleh penderita chikungunya membuat si penderita tidak bisa tidur, bahkan akan sangat kesulitan untuk menggerakkan jari-jarinya. Satu - satunya cara untuk mencegah penyakit chikungunya adalah dengan cara memberantas nyamuk spesies Aedes Aegypti serta menjaga kebersihan lingkungan. Penyakit chikungunya sering dihubungkan dengan kelembaban udara dan curah hujan. Sehingga pada saat musim penghujan kita harus lebih waspada terhadap resiko terjangkit berbagai macam penyakit, termasuk penyakit chikungunya salah satunya. 

PENGOBATAN PENYAKIT CHIKUNGUNYA 

Tidak ada obat khusus yang bisa menyembuhkan penyakit chikungunya. Walaupun sama - sama disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, penyakit chikungunya ini berbeda dengan penyakit demam berdarah dengeu karena pada penyakit chikungunya tidak terjadi pendarahan hebat dan tidak bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini cukup diobati dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi obat demam bila perlu karena sudah merasa tidak nyaman, serta antisipasi terhadap kejang demam bila terdapat riwayat kejang pada keluarga. Penyakit chikungunya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu kurang lebih 7 hari sejak merasakan gejala nyeri dan ngilu tulang. 

# HEPATITIS 

Istilah hepatitis biasanya dipakai untuk semua jenis penyakit peradangan atau pembengkakan hati (liver). Penyakit hepatitis bisa menyerang semua orang, bahkan pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Penyakit hepatitis ini bisa mengakibatkan sirosis, aknker hati serta kegagalan fungsi hati yang bisa berakibat fatal. 

# PENYEBAB PENYAKIT HEPATITIS 

Penyebab penyakit hepatitis ini bermacam - macam. Bisa dari virus, alkohol, narkoba, obat, ataupun racun. Virus hepatitis sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Bentuk dari penyakit hepatitis ada bisa mengakibatkan penyakit yang akut (misal: Hepatitis A), bisa juga mengakibatkan hepatitis kronik (misal: hepatitis B dan C) dan ada pula yang kemudian bisa berkembang menjadi kanker hati (misal: hepatitis B dan C) 

# PENULARAN PENYAKIT HEPATITIS 

Penukaran penyakit hepatitis dapat terjadi melalui kontak dengan cairan penderita, misal: darah, jarum suntik, transfusi darah, dll. Untuk hepatitis C, tidak akan menular bila hanya melalui jabat tangan, berpelukan, bersin, kontak biasa, serta batuk. Asalkan tidak terpapar oleh darah penderita hepatitis C, penyakit ini tidak akan menular. Seorang penderita penyakit hepatitis C dapat menularkan ke orang lain dalam jangka kurang lebih 2 minggu setelah dirinya terinfeksi. 

# CARA MENCEGAH PENYAKIT HEPATITIS 

Imunisasi. Imunisasi merupakan cara yang efektif untuk mencegah terinfeksi penyakit hepatitis. Setelah di imunisasi, tubuh akan menghasilkan antibodi yang merupakan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit hepatitis. Imunisasi hepatitis bisa diberikan pada anak muali usia 2 - 18 tahun dan cukup diaplikasikan sekali. 
Imunitas sementara. Ini sangat efektif diberian kepada seseorang yang sering bepergian terutama di wilayah endemi hepatitis ataupun di lingkungan dengan sanitasi yang buruk. Antivirus yang diberikan akan bekerja efektif setelah 2 minggu kemudian. 
Menjaga kebersihan diri. Selalu mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit hepatitis 
Tidak menggunakan barang milik orang lain selam kita sendiri tidak yakin dengan kondisi kesehatan orang tersebut 
Setia pada pasangan dengan cara tidak melakukan hubungan seks dengan berganti - ganti pasangan. 
Tidak melakukan donor darah bila kita sendiri terkena penyakit hepatitis 
Membersihkan ceceran darah. Bersihkan ceceran darah dengan menggunakan larutan pemutih pakaian dipercaya bisa membunuh virus hepatitis 

# HERPES 

Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit herpes ini dbedakan menjadi 2, yaitu: herpes simplex yang menyerang bibir, mulut, serta ada yang bersarang di kelamin dan herpes zoster yang menyerang kulit badan bagian yang mana saja dan umumnya hanya menyerang satu sisi tubuh saja. Penyakit herpes ini menular melalui bersentuhan langsung dengan penderita herpes, bisa juga melalui ciuman, maupun melalui hubungan seks untuk herpes yang menyerang di bagian kelamin. 

# GEJALA PENYAKIT HERPES 

Pada herpes simplex mulut dan bibir, gambaran gejalanya sangat khas. Pada bibir akan tumbuh lenting - lenting bening seukuran kepala jarum pentul dan sifatnya bergerombol. Lenting ini tumbuhnya terdapat pada perbatasan selaput merah bibir dengan kulit dan akan tampak agak kemerahan. 
Bila herpes mulai menyerang, akan disertai dengan rasa tidak enak badan, demam, serta nyeri kepala. 
Herpes pada mulut bentunya menyerupai sariawan. Bedanya dengan sariawan, herpes di mulut ini akan kambuh di tempat yang sama. Bila merasa sering sariawan di tempat yang sama, perlu dicurigai bahwa itu kemungkinan merupakan herpes mulut. 
Herpes kelamin yang menyerang pria akan tumbuh pada bagian kulup, kepala penis, atau bisa juga tumbuh di leher penis. 
Herpes kelamin pada wanita akan tumbuh pada bibir kemaluan, klitoris, kulit bagian bawah vagina, pada vagina, atau bisa juga tumbuh pada leher rahim. Herpes kelamin pada wanita bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa hebat, hingga mungkin tidak bisa berjalan atau bisa juga menimbulkan gangguan berkemih 
Herpes kelamin pada homoseks bisa tumbuh di dubur atau ujung usus besar. 
Herpes zoster umumnya menyerang sesisi tubuh saja. Jika berat, mungkin juga bisa menyerang pada kedua sisi dimana awalnya juga akan terdapat rasa pegal dan nyeri di bagian tubuh yang akan ditumbuhi herpes. 

# KOMPLIKASI HERPES PADA ORGAN TUBUH 

* Pada mata: 
Diawali dengan mata merah meradang, air mata banyak keluar, penglihatan rangkap, nyeri bola mata, sebagian penglihatan kabur sampai hilang. Komplikasi herpes zoster ke mata bisa menyebabkan macam macam kerusakan dan kemungkinan bisa sampai buta. Biasanya setelah herpes ini sembuh bisa menyisakan cacat pada kornea, atau tekanan bola mata berubah meninggi (glaucoma). 

* Pada telinga 
Bisa menimbulkan rasa nyeri pada telinga, kualitas pendengaran menjadi emnurun, baik itu bersifat sementara ataupun juga permanen serta bisa menyebabkan wajah menjadi lumpuh sebelah. 

* Pada otak 
Komplikasi herpes ke saraf otak bisa menyisakan rasa nyeri kepala yang hebat sampai berbulan - bulan lamanya.

1 komentar:

  1. Jadi, sekarang mesti hati-hati lagi jika berhubungan bebas dengan pasangan kita.

    http://obathepatitisb.infosehatalami.com/bahaya-ciuman-bagi-penderita-hepatitis-b/

    BalasHapus